Aplikasi Edit Video Android Terbaik

Aplikasi Edit Video Android menjadi suatu kebutuhan tertentu bagi kita yang bergelut dalam dunia editing video baik untuk kebutuhan tugas kuliah, menyalurkan hobi dalam berekspresi dalam bentuk kreasi video. Apalagi bagi generasi milenial yang bercita-cita menjadi Youtuber.

Kenapa, menggunakan aplikasi edit video android?. Karena kebanyakan orang tidak mempunyai komputer untuk mengedit. Ditambah lagi karena perkembangan teknologi sekarang mampu melakukan banyak hal hanya dengan satu perangkat saja. Yaitu Smartphone Android. Hanya  bermodalkan Android saja, kita bisa melakukan banyak hal. Mulai dari keperluan untuk berkomunikasi hingga keperluan untuk edit video.

aplikasi edit video android terbaik

Kalau kita bisa memanfaatkan semaksimal mungkin smartphone yang kita punya, kita bisa menjadikannya sebagai bisnis. Seperti contoh teman saya yang pandai dalam editing foto dia memanfaatkan androidnya untuk jasa editing foto hanya melalui androidnya saja. Dia hanya menggunakan aplikasi edit foto di android saja. Bahkan saya sendiri yang biasa mengedit di PC kalah oleh skill editing fotonya.

Oleh karena itu manfaatkanlah sebaik mungkin gadget yang kalian punya untuk sesuatu yang menghasilkan. Bukan hanya untuk sekedar chattingan saja dengan si “Do’i” atau menghabiskan waktu yang sangat berharga kita hanya untuk melihat sosial media yang tak ada gunanya.

Kita bisa belajar dari orang yang sukses dengan keterbatasan fasilitas namun ia bisa memanfaatkan keterbatasan fasilitas tersebut menjadi suatu karya yang fenomenal yaitu Agung Hapsah. Ya, kenapa belajar dari Agung Hapsah?. Mungkin ada yang berfikir, Diakan Youtuber kaya?, kalau shooting di apartement, kameranya GG, punya spesifikasi laptop yang gahar. No! Tidak sama sekali. Agung Hapsah memulainya dari nol.

Dia belajar editing video menggunakan laptop dan kamera warisan dari Ayahnya. Namun dengan niat dan tekad yang keras dia mampu menyulap keterbatasan fasilitas tersebut menjadi suatu kreatifitas yang tinggi. Dalam salah satu videonya, Dia menjelaskan bahwa dahulu ketika ia ingin mengunggah videonya dia harus pergi ke kota untuk mengunggah videonya ke Youtube dengan menitipkan ke Ayahnya. Kenapa demikian?, Karena di daerahnya itu tidak ada sinyal.

Sekarang kita bisa melihat perjuagan Agung Hapsah dahulu menjadikannya The Best Content Creator Youtube Indonesia (lihat video Tim2One – Chandra Liow, dan Daun Net – Anjasmaradita). Kenapa? Karena video yang di upload oleh Agung Hapsah itu tidak main-main. Mulai dari editing video, jalan cerita, dan ide yang di hasilkan melalui video-videonyamemang sangat berkelas. Maka tak jarang setiap kali Agung Hapsah mengunggah video terbaru pasti banyak channel yang membahas dan membedah video tersebut.

Lalu, apakah kita juga bisa?. Agung Hapsah kan tadi dia memulainya dengan peralatan warisan dari Ayahnya?. Berarti dia sudah punya alatnya dong?. Jangan berfikir sempit seperti itu kawan. Lalu, kalian membaca tulisan ini menggunakan apa?. Smartphone Android bukan?. Yups! Manfaat smartphone android kalian untuk mengekspresikan bakat dan minat kalian.

“Ah saya kan gaptek, tidak bisa menggunakan teknologi”

Sekarang ilmu yang ingin kita pelajari sangat banyak bertebaran di internet. Asalkan kita ada kemauan dan sungguh-sungguh ingin belajar pasti kita akan bisa. Seperti contoh kita ingin belajar tentang edit video menggunakan aplikasi edit video di android, kita hanya perlu download aplikasi edit video android terbaik yang ada di playstore lalu kita bisa memulai belajar cara mengedit video melalui android.

Sebenarnya apapun yang kita miliki bisa di manfaatkan agar dapat menghasilkan suatu karya. Yang terpenting adalah niat kita untuk belajar.

Lalu apa saja Aplikasi Edit Video Android Terbaik agar kita bisa mulai belajar menggunakan fasilitas seadanya?. Berikut ini adalah Review Aplikasi Edit Video di Android terbaik menurut saya pribadi.

Kinemaster Pro

kinemaster pro aplikasi edit video android terbaik

Aplikasi edit video android terbaik pertama yang saya rekomendasikan ialah Aplikasi Kinemaster Pro. Kenapa Aplikasi Kinemaster Pro ini menduduki posisi pertama dalam review saya?. Karena Aplikasi Kinemaster Pro ini sangat lengkap sekali fiturnya dan juga interface atau tampilan di Aplikasi Kinemaster Pro ini mirip sekali dengan Aplikasi Edit Video Terbaik PC atau Komputer. Ya, mulai dari timeline, effect, hingga color grading sudah sangat lengkap di Aplikasi Kinemaster Pro ini. Bahkan ada fitur Green Screennya juga.

Apa itu fitur Green Screen?, bagi kalian yang sudah lama bergelut dalam dunia editing video mungkin fitur ini sudah tidak aneh lagi. Fitur Green Screen atau Chroma Keying ini adalah fitur untuk memanipulasi latar belakang suatu objek menjadi transparan. Jadi dengan menu Croma Keying ini kita bisa mengubah background video kita sesuka hati.

Kita juga bisa menambahkan efek-efek yang sudah tersedia di Aplikasi Kinemaster Pro ini seperti efek transisi, efek color, dan juga efek huruf yang bisa kita pilih. Pokoknya kalau kalian yang sudah terbiasa dengan Aplikasi Edit Video PC pasti langsung faham dengan tampilan pada Aplikasi Kinemaster Pro ini.

Bagi kalian yang ingin download Aplikasi Kinemaster Pro ini, kalian bisa mengunjungi postingan saya sebelumnya tentang Aplikasi Kinemaster Pro.

Power Director Pro

power director pro aplikasi edit video android terbaik

Aplikasi Edit Video Android Terbaik selanjutnya ialah Power Director Pro. Ya, posisi kedua Aplikasi Edit Video Android Terbaik menurut saya ialah aplikasi Power Director Pro yang di develop oleh CyberLink. Aplikasi ini sangat ringan sekali dengan ukuran hanya 38 Mb saja namun mampu menghadirkan fitur-fitur yang sangat lengkap sekali.

Dalam Aplikasi Power Director Pro ini kita bisa menjumpai berbagai macam preset sepeperti color adjustment untuk mengatur kecerahan dan kontras pada video kita. Kemudian ada juga dilengkapi dengan efek transisi yang sangat keren yang bisa di tambahkan dalam video untuk mempercantik perpindahan video satu pada video yang lainnya.

Tak hanya Aplikasi Kinemaster Pro saja yang di bekali dengan fitur Chroma Key namun aplikasi Power Director Pro ini juga tak mau kalah. Dengan fitur Chroma Key ini kita bisa memanipulasi video kita dengan green screen agar bisa menjadi transparan dan di edit sedemikian rupa agar menjadi video yang sangat keren.

Lalu dalam Power Director Pro ini juga kita bisa memberi efek slow motion agar video kita terlihat sinematik ala-ala Chandra Liow (kalau bisa). Dengan semua fitur yang di berikan ini, Power Director Pro mendukung export video full HD. Jadi jangan taku hasil output dari video ini akan pecah di tambah lagi rendering video yang sangat cepat tidak akan membuat kita bosan untuk menunggu hasil dari editan kita selesai.

Untuk kalian yang mau mencoba kalian bisa download Aplikasi Power Director ini melalui link di bawah ini

Adobe Premier Clip

adobe premier clip aplikasi edit video terbaik

Beralih pada urutan ketiga, kini kita membahas anak kandung dari plikasi editing video paling banyak di gunakan di PC besutan Adobe yaitu Adobe Premier Clip. Walupun namanya sama antara aplikasi PC dan Android, namun sejatinya kedua aplikasi ini sangatlah berbeda dalam hal fitur dan interface masing-masing aplikasi. Karena berbeda perangkat tentu menyebabkan hal ini terjadi. Spesifikasi smartphone (untuk saat ini) mungkin belum mampu menandingi PC dalam berbagai hal. Oleh karena itu banyak yang bisa di lakukan di PC namun belum tentu bisa di lakukan di smartphone.

Adobe Premier Pro PC adalah aplikasi profesional untuk masalah edit video. Namun, jangan berkecil hati, Adobe menghadirkan Premier Clip di perangkat smartphone ini dengan tampilan yang sederhana sehingga mudah di fahami walaupun seorang newbie dalam hal editing video. Berbeda dengan Adobe Premier Pro PC yang sangat rumit dengan banyaknya tools yang ada.

Namun, sebelum kita bisa memulai untuk mengedit video, kita harus masuk atau mendaftar akun Adobe ID ini dulu. Premier Clip ini juga terintegrasi dengan beberapa file sharing online seperti Google Drive, Google Photo, Drop Box, Lightroom dan Creative Cloud. Fitur ini memungkinkan kita untuk menyimpan dan mengambil video yang ingin kita edit.

Sebelum kita mengedit, kita di beri pilihan untuk memilih tipe projek yang ingin kita gunakan yaitu mode automatic dan mode freeform. Jadi kalau kita memilih tipe automatic, Adobe menyuguhkan cara edit video yang simpel namun tetap menghasilkan video yang menarik. Kita hanya perlu memilih video yang ingin di pilih, kemudian atus durasi dari video dan tambahkan sedikit filter warna. Lalu kita juga bisa menambahkan backsound pada video kita.

Sedangkan untuk mode Freeform, kita bisa mengatur sesuka hati editan kita. Pokoknya mengedit video di Premier Clip ini sangat mudah sekali. Intinya, Premier Clip ini sangat cocok sekali bagi kita yang ingin mengedit video yang simpel dan bagus juga cepat.


VivaVideo Pro

Download  VivaVideo Pro aplikasi edit video terbaik

Nah untuk Aplikasi Edit Video selanjutnya ialah VivaVideo Pro. Aplikasi ini di peruntukan bagi kalian yang tak mau ribet dalam masalah edit-edit video atau hanya sekedar foto slide saja. VivaVideo Pro ini sangat simpel sekali kita hanya perlu melilih foto atau video yang ingin di edit dan memilih template yang sudah di sediakan.

Sebenarnya kalau kita menggunakan template yang sudah di sediakan, walaupun hasilnya bagus namun ini membatasi kita untuk berkreasi. Jadi untuk aplikasi edit video android yang menempati posisi ke 3 dan seterusnya menurut pilihan penulis ialah aplikasi edit video android yang mengutamakan kemudahan, cepat, dan bagus.

Bagi kalian yang tak mau repot untuk urusan edit-edit ini cocok sekali menggunakan aplikasi VivaVideo Pro ini.


Itulah tadi review saya mengenai Aplikasi Edit Video Android terbaik menurut pilihan saya. Sebenarnya masih banyak sekali aplikasi-aplikasi yang lain seperti Quick, FilmoraGo, Video Show dan lainnya. Namun kebanyakan dari aplikasi edit video tersebut fiturnya terbatas dan juga memberikan edit video secara instant dengan fitur template yang sudah disediakan. Sehingga membatasi kreatifitas kita untuk berkarya. Oleh karena itu aplikasi yang saya sarankan ialah Kinemaster Pro dan Power Director Pro.

Oh iya saya sampai lupa, saya menulis artikel ini karena ingin ikut beraprtisipasi dalam lomba blog BukaReview yang di adakan oleh Bukalapak. Kalian juga bisa ikutan ko dalam lomba blog ini. Banyak sekali tema atau topik yang bisa kalian tulis sesuai dengan bakat dan minat kalian dalam menulis review. Disini saya memilih tema Techno dan mengambil judul tentang Aplikasi Edit video. Selain untuk iseng-iseng dalam menyalurkan hobi menulis kita.

Bukan hanya untuk menyalurkan hobi saja, pihak Bukalapak juga memberikan hadiah yang besar bagi review terbaik lho...

Yuk ikutan lomba blog BukaReview dari Bukalapak ini. semoga saja kalian bisa kalian bisa menang.

Tag :
aplikasi edit video android terbaik
aplikasi edit video android offline
download aplikasi edit video
dowloand kinemaster pro
download power director pro
download aplikasi edit video 

0 Response to "Aplikasi Edit Video Android Terbaik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel