Cara Convert Font Agar Tidak Terpotong Di Corel Draw


Cara Convert Font Yang Benar Di Corel Draw – Ya tulisan ini akan memberikan penjelasan tentang cara mengconvert font di Aplikasi Corel Draw. Baik font latin ataupun font arab. Kenapa sih ada embel-embel convert font yang benar?. Tentu saja, karena saya sering melihat dalam desain-desain yang telah di pajang baik itu di jalanan atau di dalam suatu acara terdapat kesalahan fatal. Mungkin bagi orang biasa kesalahan itu tak terlihat dan malah mereka bersikap “bodo amat”. Tapi, bagi seorang yang sudah terbiasa dalam hal ini akan merasa “greget” melihat desain tersebut.

Masalah apa itu?. tentu saja  sesuai judul artikel ini tentang convert font yang terpotong dalam Aplikasi Corel Draw.

Pernahkah kalian ketika sedang membuat desain yang desain tersebut akan kalian kirimkan ke percetakan sedangkan percetakan mengharuskan font yang ada dalam desain terebut harus dan wajib di convert untuk menghindari missing font.


Mengconvert huruf ini berguna ketika kita ingin memindahkan project corel draw ke computer lain agar tidak terjadi terjadi missing font. Karena tidak memiliki font yang kita gunakan dalam projek tersebut.

Namun masalahnya, ada beberapa font yang ketika kita convert, maka akan ada potongan-potongan antara huruf satu dan huruf yang lainnya seperti ini.

Lalu bagaimana caranya mengatasinya?

Caranya sangat mudah sekali

Pertama, pilih pada huruf yang ingin kita convert. Sebelum kita convert kita harus memisahkan hurufnya terlebih dahulu dengan cara klik kanan lalu pilih break atau dengan sortcut ctrl + K.



Nah, setelah huruf terpisah barulah kita convert hurufnya menjadi curve dengan cara klik kanan lalu pilih curve atau menggunakan shortcut ctrl + Q.

Mari kita lihat bedanya
Kalau hurufnya langsung kita convert, maka hasilnyna akan seperti ini. terjadi potongan2 Antara huruf 1 dan huruf lainnya .
Namun, apabila kita break atau kita pisahkan dulu kemudian di convert maka hasilnya akan rapih seprti ini.  Tidak akan terjadi potongan-potongan antara huruf dan hurufnya.


Lalu bagaimana kasusnya ketika font yang digunakan adalah font arab?

Caranya sangat mudah sekali. Namun ada sedikit perbedaan step by step yang kita gunakan jika kita menggunakan font arab.

Seperti biasa kalau kita ingin mengkonvert huruf bisa menggunakan shortcut ctrl + Q atau klik kanan pada objek lalu pilih convert to curve.

Nah setelah kita convert masalahnya akan muncul. Yaitu ada bagian-bagian yang terpotong antara huruf satu dengan yang lainnya seperti ini. Namun tenang saja kita bisa mengatasinya.

Pertama kita break atau pisahkan terlebih dahulu, dengan cara CTRL + K atau klik kanan pada objek lalu pilih break curve apart atau kalian juga bisa langsung klik icon break di bagian atas sini.

Kita lihat font arabnya sudah terpisah satu persatu.

Kemudian kita gabungkan antar objeknya dengan weld tools. Kalian bisa menemukan opsi weld ini pada bagian atas corel draw.

Mari kita bandingkan

Font Pertama kita convert saja dengan cara CTRL + Q

Dan yang satu lagi kita convert, CTRL + Q kemudian kita breakCTRL + K lalu kita seleksi semua objek dan kita pilih weld untuk
menggabungkan.

Taraaa...... sekarang font arab kalian sudah rapih tidak ada potongan2 antar huruf perhuruf nya.

Ada tips tambahan nih dari saya, ketika kalian ingin menyimpan file corel draw, jangan lupa untuk mencentang opsi embed font. Gunanya apa?
agar font yang di gunakan nempel pada file projek corel draw.

Bagi kalian yang masih belum pahan tentang convert font agar tidak terpotong ini bias lihat langsung prakteknya di video ini :



Semoga artikel sederhana ini bias bermanfaat.

0 Response to "Cara Convert Font Agar Tidak Terpotong Di Corel Draw"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel