Nap9NWB6LWJ9MWBdNaV5Max9MSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Kenapa Shalat Jama'ah Kempek Di Ahirkan?


Kita seringkali mendengar bahwa sholat yang dilakukan berjamaah ini memiliki keutamaan yang berlipat ganda dari sholat yang dilaksanakan sendirian. Oleh karena itu kita begitu di anjurkan untuk melaksanakan sholat secara berjamaah.

Di Pondok Pesantren Kempek sendiri khususnya bagi Santri baru, di wajibkan untuk melaksanakan sholat secara berjamaah selama 41 hari berturut-turut tidak boleh terputus dan harus menemui takbirnya imam. Seperti yang telah di terangkan oleh Ahmad Hammam pada tulisannya yang berjudul "Kenapa Santri Kempek Baru Harus Sholat Jamaah 41 Hari?".

Namun sedikit berbeda sholat berjamaah yang kita laksanakan apabila kita berada di Pesantren Kempek. Bedanya apa?, sholat berjamaah yang biasa di lakukan di Kempek ini biasanya tidak di awalkan waktunya. Kenapa bisa begitu ya?. Padahalkan sholat yang paling utama dilaksanakan ialah di awal waktu.

Kala itu ada seseorang yang bertanya, kenapa sih sholat jamaah Ashar di Kempekj am 4 sore?. Lalu kenapa juga sholat Isya jam 8 malam?. Padahalkan sholat itu lebih utamanya dilaksanakan pada awal waktu.

Memang benar, sholat itu utamanya di laksanakan di awal waktu. Tapi, yang terpenting ialah melaksanakan sholat tetap dalam waktunya. Walaupun sholat jamaah ashar di Kempek itu jam 4 sore, tetap tidak menyalahi aturan karena masih dalam waktunya sholat ashar. Apalagi alasan mengulur waktu sholat ini karena untuk menyesuaikan kegiatan yang ada di Pondok yang di gunakan untuk mengaji.

Untuk waktu sholat isya yang di laksanakan pada pukul 8 malam ini juga bukan karena malas ataupun alasan yang tidak berfaedah lainnya. Sama seperti alasan sebelumnya yaitu untuk menyesuaikan jadwal kegiatan para santri.

Ada sedikit sindiran yang disampaikan oleh Kyai Musthofa pada saat memberikan pengajian kepada para santrinya.

Santri Kempek Sholat Jamaah Isyanya jam delapan itu ya karena waktu mereka untuk mengaji dan belajar. Waktunya sengaja di mundurkan karena untuk dirosah untuk belajar, setelah jamaah mereka pergi untuk musyawaroh. Kalau orang di luar sana mereka melaksanakan sholat isya di awal waktu mungkin karena tidak ingin ketinggalan dengan sinetron favoritnya.

Lebih mulia mana antara ngaji dan nonton tv?.

Kesimpulannya, kenapa sholat jamaah di kempek itu sedikit di ahirkan karena untuk menyesuaikan dengan jadwal kegiatan para santri. Sehingga pengajian berjalan dengan baik tanpa ada hambatan yang terjadi. Bukan karena ingin menonton tv ataupun karena malas mekakukan sholat di awal waktu.

Jadi, menurut hemat saya selagi masih dalam waktunya tak ada masalah. Apalagi waktu yang digunakan ini di manfaatkan untuk kegiatan-kegiatan yang positif seperti mengaji akan menambah pahala bagi kita.
Share This Article :
3940678444603187744