Cara Mudah Membuat Label Undangan


Ada sebagian orang yang berkata bahwa "Syawal bulan patah hati bersama". Lho? kok bisa?. Padahalkan Syawal ialah bulan kemenangan?. Setelah sekian lama kita berpuasa, menahan nafsu dari hal-hal yang membatalkan puasa, memperbanyak amal ibadah, dan seharusnya kita bersuka ria menyambut bulan Syawal hari kemenangan bagi umat islam, Hari Raya Idul Fitri.

Tapi selain itu juga, di bulan Syawal banyak para Jomblowan dan Jomblowati yang melepaskan statusnya ke jombloannya di bulan ini. Makanya bisa di bilang juga bulan Syawal ini adalah bulan pelepasan status jomblo bersama. Ada yang bahagia, tapi tak sedikit pula yang meratapi nasibnya karena di tinggal oleh pujaan hatinya di bulan Syawal. Jadi, tak salah bukan kalau di sebut juga sebagai "Syawal bulan patah hati berjama'ah". Jomblo yo jomblo wae min ojo malah curhat neng blog :D

Nah, karena banyak yang nikah di bulan ini, banyak juga job yang berdatangan seperti membuat nama untuk undangan. Saya sendiri bingung namanya apa. Intinya tulisan nama orang yang di undang di pernikahan. Setelah saya cari di mbah google ternyata namanya adalah label undangan.

Orang yang di undang di pernikahan kan tidak sedikit jumlahnya, ahirnya di buatlah daftar nama-nama orang yang di undang. Agar terlihat rapih, kebanyakan orang menggunakan label undangan. Kalau tidak tau namanya apa, pokoknya yang di tempel-tempel itu loh. Biasa di sebut dengan label.

Saya juga termasuk orang yang di suruh untuk membuat label undangan tersebut. Pertama saya melihat teman saya membuat nama-nama undangan itu secara manual. WOW! bayangkan ada 600 orang lebih yang di tulis dan itu di ketik secara manual. Anda waras?. Kalau orang yang sabar dan telaten sih ya gak masalah. Tapi, saya kan tidak termasuk kedalam spesies orang yang sabar dan telaten itu.

Dulu saya pernah belajar tentang membuat nama-nama secara otomatis menggunakan ms word dan excel cuma saya sedikit lupa, untung ada mbah google yang tau segalanya jadi ilmu yang dulu saya pelajari jadi bisa di ingat-ingat kembali.

Lalu bagaimana kita membuat label atau nama-nama untuk undangan pernikahan, khitanan, syukuran ataupun yang lainnya?. Sebenarnya cara ini adalah cara lama dan mungkin banyak orang yang sudah tau, tapi apa salahnya saya tulis kembali?. Saya juga kan gak selamanya ingat cara-caranya. Jadi kalau lupa kan bisa lihat lagi tulisannya.

Ingat ya, cara ini praktis banget. Kalian hanya tinggal menggunakan template yang sudah di sediakan dan sedikit pengaturan dan semuanya langsung di lakukan secara otomatis.

Sebelumnya kalian download dulu template label undangannya. Disini saya menggunakan kertas Label 103 merek Koala
Setelah kalian download template di atas lalu kalian buka file Template Label Undangan Ms.Word. Maka akan muncul tampilan Ms. Word kosong yang sudah di edit.

Catatan :
Sebelum kalian memulai kalian harus membuat daftar nama yang ingin di pasang seperti contoh yang ada di Template Nama Ms.Excel. Kalian hanya perlu mengganti nama-nama dan alamatnya sesuai yang ingin kalian tulis.

Kemdudian buka Template Label Undangan Ms.Word lalu pilih Select Recipient >> Use An Exiting List.
Nah, setelah kalian klik kemudian cari file Template Nama Ms.Excel yang sudah kalian edit tadi.
Setelah kalian pilih file Template Nama Ms.Excel maka akan mucul pop up untuk memilih Sheet pada ms.excel tadi. Karena yang dipakai adal Sheet 1 maka kita pilih Sheet 1 dan pilih Oke.
Kemudian klil pada kotak pertama, pilih Insert Merge Field dan pilih Nama kemudian tekan Enter untuk membuat garis baru. Lalu pilih Insert Merge Field lagi dan pilih Di, tekan enter dan pilih Tempat  di bagian Insert Merge Field.

Lanjutkan untuk Bagian kedua dan seterusnya hingga menjadi seperti ini :
Nah, kalau sudah selesai mengatur nama dan tempat pada template tersebut kemudian pilih Finish And Merge >> Edit Individual Document
Namun, sebelum itu akan muncul pop up Merge To New Document, pilih saja All dan klik Ok.

Setelah di klik maka scara otomatis Ms.Word akan membuat dokumen baru sesuai dengan template dan data yang ada di excel. Selesai!, sekarang nama-nama orang yang akan di undang secara otomatis sudah masuk.
Sekarang kita hanya tinggal mencetak di kertas labelnya. Untuk pengaturannya samakan saja seperti dokumen yang kalian download tadi. Karena ukuran itu sudah sesuai dengan kertas Label 103 merek Koala.



Mudah bukan?, jadi kita tidak perlu mengetik manual satu persatu untuk menyesuaikan dengan posisi kertas label yang akan di tempelkan nantinya pada undangan.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Membuat Label Undangan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel