Nap9NWB6LWJ9MWBdNaV5Max9MSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Cara ScreenShot Di Laptop Windows Tanpa Aplikasi


cara mudah screenshot laptop windows tanpa aplikasi

Screenshot atau menangkap tampilan layar ini berguna untuk mengambil bagian yang di tampilkan di layar menjadi format gambar. Apabila ingin menggunakan screenshot di smartphone sangat mudah sekali. Karena di beberapa smartphone hanya tinggal menggerakan tiga jari di bagian layar, maka secara otomatis layar yang sedang di tampilkan akan tersimpan di gallery poto.

Hasil dari tangkapan layar atau screenshot ini biasa di gunakan untuk tutorial terhadap sesuatu. Misalkan, kalau kita ingin memberikan tutorial tentang cara-cara untuk mengunggah file ke google drive melalui smartphone android, ataupun yang lainnya, kita bisa menyertakan screenshot layar agar penjelasan lebih mudah di fahami karena di barengi dengan adanya ilustrasi dari screenshot itu sendiri.

Nah kalau tadikan cara screenshot di smartphone, sekarang bagaimana kalau kita mau screenshot di pc windows gimana ya?.

Sebenarnya tanpa menggunakan aplikasi tambahan pun kita bisa menangkap tampilan layar di windows kita. Karena dari windows sendiri sudah di sediakan caranya. Tapi kebanyak orabg tidak mengetahuinya. Berikut ini cara untuk screenshot layar di laptop windows tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Cara Pertama
Sebelumnya siapkan dulu layar mana yang ingin kita screenshot. Setelah layar yang ingin kita screenshot sudah siap, kemudian kita tekan “ ctrl + print screen “ di tombol keyboar. Maka layar yang tampil ini sudah tersimpan di clipboard. Lalu, pastekan pada aplikasi editing poto. Seperti aplikasi bawaan windows yaitu Paint.


Setelah di paste di aplikasi paint, maka tampilan layar yang kita pilih untuk di screenshot tadi akan tampil di aplikasi paint. Lalu kalian simpan gambarnya. Pilih format yang kalian pilih dan posisi penyimpanan gambar. Selesai!, kalian sudah berhasil mengambil screenshot layar di perangkat komputer kalian.

Tidak hanya di aplikasi paint, kalian juga bisa mengaplikasikan nya di aplikasi lain seperti Photoshop, Corel Draw, ataupun aplikasi Microsoft Word. Intinya, ketika kalian menekan tombol “ ctrl + print screen “ maka layar yang tampil sudah tersimpat di clipboard jadi layaknya proses copy dan paste seperti biasanya dan kalian hanya tinggal simpan gambarnya.

Cara Kedua

Cara selanjutnya untuk screenshot layar di laptop atau komputer kalian ialah dengan menekan tombol “Windows + PrintScreen” pada layar yang ingin kalian tangkap. Maka secara otomatis layar kalian akan berkedip yang menandakan layar itu sudah berhasil di screenshot. Kalian bisa mencari hasil dari tangkapan layar kalian di “ !:ThisPC/Picture/ScreenShot/ “.


Cara ini lebih simpel dari cara yang saya jelaskan sebelumnya karena kita tak perlu lagi melakukan proses copy paste dan menyimpannya. Karena, hasil gambar secara default otomatis akan tersimpan di folder ScreenShot.

Begitulah cara untun melakukan screenshot di laptop windows kalian tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Kalian sebenarnya juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk bisa menangkap tampilan layar di perangkat komputer. Seperti aplikasi Greenshot, Lightshot, atau yang lainnya. Tapi menurut saya, kalau tanpa aplikasi saja bisa, kenapa harus pakai aplikasi ?. jadi kita bisa menghemat ruang penyimpanan dengan tidak memasang aplikasi-aplikasi yang tidak di gunakan agar perangkat komputer kita bisa terasa terbebani dengan aplikasi-aplikasi yang sedikit manfaatnya atau bahkan aplikasi yang berat namun tidak pernah di pakai.

Semoga bermanfaat.


Share This Article :
3940678444603187744