Nap9NWB6LWJ9MWBdNaV5Max9MSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

Cara Mengembalikan Wifi Laptop Yang Hilang

wifi laptop hilang setelah instal ulang windows 7 10

Suatu keuntungan tersendiri ketikadi di sekitar kita banyak sekali jaringan WiFi yang melimpah. Jadi, kita bisa berselancar di dunia maya, atau untuk mendownload aplikasi dan juga film yang kita inginkan dengan leluasa tanpa harus memikirkan apakah kuota internet yang kita gunakan akan habis. Namun, kalau di laptop kita tidak mendukung WiFi sangat disayangkan. Jaringan wifi yang berada di dekat kita tidak bisa kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Dalam pengalaman pribadi saya sendiri juga seperti itu. Awalnya saya belajar untuk meng-instal ulang laptop kesayangan saya. Dengan diat nekat saya beranikan untuk melakukannya. Walaupun ini adalah tahaap instalasi yang pertama, saya tidak ragu untuk melakukannya. Karena, kalu kita tidak berani untuk mencoba, maka kita selamanya tidak akan bisa.

Proses instalasi ahirnya berjalan dengan lancar. Walaupun awalnya ada kendala dalam pemasangan driver VGA laptop yang tidak cocok. Alhasil, layar laptop saya tidak bisa hidup karena driver yang tidak cocok. Setelah mencari kesana-kemari, ahirnya saya mendapatkan juga driver yang cocok dengan jenis laptop saya.

Setelah laptop saya normal pada umumnya, ada sedikit masalah lagi. Apa itu?, ternyata laptop saya tidak bisa mendeteksi sinyal WiFi, padahal laptop itu saya gunakan untuk keperluan internet seperti menulis blog ataupun untuk browsing di internet.  Saya pun mulai panik lagi, cobaan apa lagi ini?. Maklum karena saya masih awam dalam urusan ini.

Ahirnya saya mencoba mencari pemecahan masalah ini di internet. Kenapa WiFi di laptop saya hilang setelah instal ulang?. Ternyata ada beberapa sebab jaringan WiFi di laptop kita hilang. Seperti driver WiFi yang belum di instal, Driver WiFi sudah di instal namun tidak cocok, Driver WiFi sudah di instal namun belum di aktifkan dan juga masih banyak lagi alasan-alasan yang menyebabkan jaringan wifi di laptop kita menghilang.


Masalah ini terjadi pada laptop saya yang menggunakan sistem operasi Windows 7. Ternyata pemecahan masalahnya sudah terlihat. Di awal saya ceritakan bahwa saya belajar untuk menginstal ulang laptop saya. Sudah di pastikan bahwa driver wifinya pasti belumm di instal. Jadi, kita cukup mencari drivernya saja.

Pada kesempatan yang lain, kejadian seperti ini terulang kembali. Kalau kemarin masalahnya terjadi di windows 7 kali ini berbeda. Karena saya menggunakan notebook yang menggunakan OS Windows 10. Karena saya  sudah nyaman menggunakan windows 7 ahirnya saya sedikit kesulitan mengoperasikan windows 10. Walaupun secara garis besar keseluruhannya tidak jauh berbeda, namun yang membuat saya bingung adalah tampilan dari windows 10 itu sendiri.

Pertama kali menggunakan windows 10 agaknya saya sedikit kaku namun lama kelamaan sudah terbiasa. Karena kebutuhan saya menggunakan PC untuk berselancar di internet, tak jauh berbeda dengan laptop yang bekerja dengan OS Windows 10 ini juga. Ahirnya saya sambungkan dengan jaringan WiFi hotspot saya melalui tathering dari Smartphone.

Setelah laptop tersambung dengan jaringan wifi, dengan otomatis laptop meng-update systemnya tanpa saya ketahui. Maklum, pertama kali menggunakan windows 10. Karena kuota saya limited editions, dengan terpaksa proses updating laptop yang sedang berlangsung harus saya putuskan. Kenapa? Kuota mahal bray, masih banyak yang bisa di gunakan dengan kuota ini. Ahirnya belum sampai 50% proses updating selesai, saya mematikan koneksi wifi dari smartphone saya yang menyebebkan proses updating yang belum sempurna harus tertunda.

Tak ada yang berbeda setelah update otomatis tadi. Namun, setelah laptop saya matikan, memang layarnya sudah mati. Tapi, indikator lampu di bagian samping laptop tbelum juga mati. Pikir saya mungkin sedang proses mematikan. Namun anehnya sudah satujam lebih indikator lampu ini tak kunjung padam.

Saya mencoba untuk menghidupkan kembali laptopnya dengan menekan tombol power. Tapi, tak ada reaksi yang terjadi.laptop saya masih membisu tanpa ada pergerakan dan indikator lampu itu tetap menyala.

Setelah saya tanyakan kepada teman, kenapa laptop saya bisa seperti ini, Dia menjawab bahwa laptop saya crash  karena koneksi wifi yang di matikan dalam keadaan proses update yang belum selesai yang menyebabkan ada sistem-siste yang rusak karena belum selesai di update. Dia memberikan solusi untuk menunggu hingga baterai laptop habis. Karena laptop ini menggunakan baterai tanam.

Setelah saya hidupkan, saya mengambil langkan untuk mereset atau mengembalikan sistem seperti baru lagi. Cerita horror pun dimulai. Sama seperti kejadian jaringan wifi yang hilang di windows 7 saya kemarin. Kali ini hilang juga di windows 10 saya.

Namun jangan khawatir beginilah cara mengatasinya.

1. Pastikan driver wifi sudah di pasang

Coba kalian cek di Device Manager, apakah sudah terpasang dengan baik?. Bagaimana cara mengetahuinya?. Ketik “Device Manager” di kotak pencarian windows, dan klik di bagian “Network Adapter”. Apabila tidak ada tanda seru kuning disana, berarti driver wifi sudah terpasang dengan baik.

Pada masalah yang saya sebutkan tadi, ternyata titik masalah laptop swaya yang jaringan wifinya menghilang sama seperti yang terjadi di laptop saya yang menggunakan OS Windows 7. Yaitu driver wifi yang belum terpasang. Namun, yang membuat saya pusing ialah, saya sudah berulang kali mendownload berbagai versi driver yang mungkin cocok dengan driver wifi saya. Tapi hasilnya nihil.
Saya menggunakan ASUS Eeebook X205TA yang menggunakan sistem windows 10. Jadi, saya mendownload driver ASUS Eeebook X205TA untuk versi windows 10 32bit. Namun tetap saya ketika saya cek di device manager, driver wifinya tidak cocok dengan adanya pemberitahuan tanda seru kuning di driver wifi yang saya instal.

Walaupun sudah mencari di berbagai situs yang menyediakan driver yang mungkin cocok dengan perangkat saya namun percuma. Saya pun putus asa. Suatu ketika saya mencoba mengambil driver yang bukan untuk versi Windows 10 32bit. Yang saya download adalah driver WiFi untuk windows 8.1. iseng-iseng saya pasang ternyata cocok!. Senangnya bukan main. Ternyata setelah bergerilya mencari driver wifi untuk windows 10 32bit ternyata yang cocok di pasang ialah driver Wifi untuk Windows 8.1 (WLAN_Broadcom_Win81_32_VER5931034).

2. Aktifkan fungsi WiFi Adapter

Kalau driver sudah terpsang dengan baik namun icon wifi di pojok kanan bawah belumjuga muncul, bisa jadi mode wifinya belum di aktifkan. Cara mengaktifkannya ialah dengan cara, tekan tombol Windows + R, kemudian tulis ncpa.cpl dan klik oke.


Lalu klik kanan pada Wifi Adapter dan pilih Enable. Coba dilihat lagi apakah icon wifinya sudah muncul.


Begitulah sedikit pengalaman saya tentang icon wifi atau jaringan wifi yang hilang pada laptop windows 7 ataupun windows 10. Intinya, kita hanya tinggal mencari masalah awal dari hilangnya jaringan wifi yang hilang itu. Apakah awalnya karena instal ulang windows, karena reset ulang ataupun karena driver wifi yang hilang setelah windows update.

Dan yang tak kalah penting juga kita jangan pernah putus asa untuk mencari driver yang cocok dengan perangkat yang kita gunakan. Mungkin saja masalah kalian juga sama seperti masalah yang terjadi di perangkat saya.
Semoga bermanfaat.

Share This Article :
avatar

Wifi ws bener ya brrti..😀

Thursday, 01 March, 2018
avatar

iyaa uwiss... Trnyata ora kudu2 windows 10, trnya driver win8.1 malah sg cocok :D

Saturday, 03 March, 2018
3940678444603187744