Cara Menggunakan Mockup Di Photohsop

Cara Menggunakan Mockup – Beberapa waktu lalu ada teman Saya menanyakan bagaimana caranya agar desain yang kita buat lebih menarik di mata client?. Saya menyarankan untuk menggunakan Mockup pada desain yang di buat agar lebih menarik. Tapi Dia malah bertanya kembali. Mockup itu apa?

Ya, Mockup. Untuk teman-teman yang sudah lama terjun bebas di dunia desain mungkin sudah tak asing lagi dengan yang namanya mockup. Tapi bagi orang yang baru mengenal akan bertanya “mockup” itu jenis hewan karnivora apa ya?. Tenang mockup itu bukan sejenis hewan karnivora, atau vertebrata ko.
CARA MENGGUNAKAN MOCK UP photoshop

Pengertian Mockup


Mockup adalah suatu media visualisasi dari desain yang datar agar tampak lebih realistik. Gunanya apa? Tentu saja untuk memperindah desain kita dan memberikan gambaran yang nyata dari sebuah desain. 

Nah, sekarang kita tau apa itu artinya mockup dan tidak akan salah lagi tentang pengertian mockup. Lalu masalahnya bagaimana kita menggunakan mockup ini?.
Teman saya yang ada di awal paragrap tadi meminta mockup dengan extensi Corel Draw. Ya, memang mockup juga bisa di gunakan di Corel Draw. Namun, kebanyakan mockup yang tersebar di internet itu menggunakan extensi Photoshop. Kenapa menggunakan Photoshop? Tentu saja karena kemudahannya dan hasil pengaplikasian mockup akan tampak lebih realistik.

Oke langsung saja kita praktek cara menggunakan mockup di Photoshop. Photoshop yang saya gunakan ini adalah Photoshop CS6. Maklum laptop saya kentang jadi masih menggunakan versi lawas. Kalau Photoshop versi kalian lebih tinggi atau lebih rendah sama saja ko langkah demi langkahnya.

Disini Saya memiliki desain suatu produk. Setelah kita pasangkan desain tersebut dengan mockup. Coba kita bandingkan desain yang menggunakan mockup dan tanpa menggunakan mockup. Tampak lebih bagus kan?.

Cara Mendapatkan Mockup


Kalian bisa membuat mockup ini sendiri atau bisa mendownloadnya di google. Banyak sekali website-website yang menyediakan mockup yang gratis ataupun berbayar. Saya biasa mencari mockup keren di free-mockup.com, mockupworld.co atau di freepik.com . Kalau ketiga website tadi kurang kalian tinggal searching aja di Google Saya jamiin kaliain akan mendapatkan banyak sekali website pentedia mockup.

Untuk cara downloadnya juga sangat mudah sekali tinggal ikuti saja arahan yang ada di website tersebut. Kalian juga bisa download mockup yang saya pakai dalam desain ini.

Setelah  mockupnya sudah ada. Lalu bagaimana cara menggunakan mockup??

Cara Menggunakan Mockup


Pertama, kita sediakan dulu desain yang ingin kita pasang di mock up.
Contohnya desain tadi akan saya implementasikan ke alumunium pouch. Lalu  kita siapkan  juga  mockup-nya.

Oke, kalau kalian sudah memiliki file mockupnya. Langsung saja kita eksekusi.
buka dulu file mockup nya di Photoshop.
\

Setelah terbuka, kita cari smartlayer, lalu double klik.


Kemudian akan muncul notifikasi, klik ok saja.


Maka kalian akan di lempar ke jendela baru mockup.

Setelah itu, drag atau tarik desain kalian ke layer. Lalu sesuaikan posisinya. Apabila sudah di rasa cukup, tinggal kalian save dengan menekan kombinasi keyboard ctrl + S.



Kembali ke jendela mockup kalian dan booom!. Desain kalian sudah terpasang di mockup. Tampak lebih realistik kan?.


Kalau kalian belum paham dengan penjelasan saya di atas, kalian juga bisa melihat tutorialnya langsung dalam video di bawah ini :



Semoga tulisan singkat ini bermanfaat.

0 Response to "Cara Menggunakan Mockup Di Photohsop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel