Nap9NWB6LWJ9MWBdNaV5Max9MSMkyCYhADAsx6J=
MASIGNCLEANSIMPLE101

5 Cara Paling Ampuh Amankan Email Gmail

Cara amankan akun email gmail

Hingga saat ini teknologi tak pernah mati malah semakin berkembang dan juga lebih canggih dari hari ke hari. Dahulu ketika kita ingin berkomunikasi dengan seseorang yang jauh, kita hanya bisa berkirim surat untuk memberikan kabar kepada orang-orang yang yang jauh disana.

Apalagi anak zaman now sangat akrab dengan yang namanya media social seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatsaap, BBM, ataupun yang lainnya. Mereka seakan tak bisa lepas sejenak dari dunia maya. Namun, sebelum booming nya media sosial yang telah di sebutkan tadi, kebanyakan orang menggukan surat elektronik atau email untuk berkirim pesan ataupun untuk mengirim berkas.

Hingga saat ini, Email masih di gunakan guna mendaftarkan diri ke media sosial atau sebagai data diri. Kebanyakan orang tidak terlalu perhatian dengan akun emailnya. Padahal, email ini sangat penting apalagi bagi seorang mahasiswa untuk mengirim tugas-tugasnya. Apalagi bagi seorang yang memili banyak akun pasti mendaftarkannya menggunakan emailnya.

Kalau kita tidak hati-hati, email yang kita gunakan akan mudah di retas oleh orang-orang yang tak bertanggung jawab. Kalau hanya email yang tak begitu penting mungkin tak akan kita ambil pusing. Tapi, kalau email tadi menyimpan banyak sekali sesuatu yang penting, kita akan menjaga keamanan email kita sebaik mungkin supaya tidak di retas atau di hack oleh orang-orang yang jahil.

Apa kalian tahu bagaimana agar email kita menjadi aman?. Ada beberapa tips dari saya agar email kita tak mudah di bobol oleh orang-orang nakal yang tidak bertanggung jawab. Bagaimana sih caranya mengamankan email kita?. Berikut ini tips nya :

Tips mengamankan akun email :

1. Selalu koneksikan email satu dengan yang lain.


Kenapa kita harus selalu menghubungkan email satu dengan yang lain?. Yaitu untuk keperluan reset passcode jika ada yang mencoba meretas. Jadi, ketika kita membuat email, pada saat mendaftarkan kita menyertakan email pemulihan untuk jaga-jaga kalau ada yang ingin masuk ke akun email kita.

Ketika ada yang masuk ke akun email kita, akan ada notifikasi dari email yang kita hubungan tadi. Jadi kita bisa mengetahui arus keluar masuk siapa yang menggunakan email kita dengan mengetahui pemberitahuan dini dari notifikasi yang di berikan. So, selalu tautkan email satu dengan yang lainnya.

2. Isi pendaftaran form dengan lengkap.


Ini yang paling penting. Ketika kita mendaftarkan email, kita harus mengisinya dengan lengkap termasuk nomer Hp kalian yang aktif dan juga display picture kalian sebagai data kelengkapan kalian sebagai pemilik akun asli.

Data ini bisa dijadikan acuan keamanan kalian ketika ditanya oleh pihak penyedia email sebagai verifikasi data kepemilikan. Kebanyakan orang hanya mengisi asal-asalan saja. Ketika mereka ingin login dari perangkat yang berbeda dan mendapatkan pertanyyan sebelum masuk akun email, mereka kewalahan karena tidak memasukan data tidak sesuai dengan data saat mendaftar.

3. Gunakan Nomor HP Yang Aktif.


Sama seperti poin pertama yang harus menghubungkan email satu dengan yang lainnya. Usahakan ketika mendaftarkan email, gunakanlah nomor Hp yang tertera didalam email menggunakan nomor yang aktif untuk keperluan reset passcode. Jikalau nanti kita lupa dengan password kita. Jadi, kita tinggal mereset kode yang akan di kirim ke nomer hp yang tertera.

4. Gunakan Password Yang Sulit.


Usahakan ketika memasukan passcode, gunakanlah pasword yang rumit. Contoh passcode rumit itu simple. gabungan antara huruf kapital, lowercase, angka, dan simbol. Usahakan juga jumlah passwordnya lebih dari 8 karakter. contoh :

g.aKAh}{ba88%}xSalcTn­sT

Gampang banget kan untuk membobol password di ataa??.

5. Aktifkan verifikasi 2 langkah


Untuk mengkonfirmasi sebelum masuk ke akun email, ada baiknya kita mengaktifkan pengaturan verifikasi 2 langkah.

Apa sih verifikasi 2 langkah?.

Verifikasi 2 langkah adalah salah satu cara untuk mengamankan akun kita dengan mengkonfirmasi apakah itu benar-benar kita ataupun orang lain.

Kita ambil contoh verifikasi 2 langkah yang ada pada akun Gmail. Ketika kita mengaktifkan verifikasi ini, saat kita ingin masuk. Email akan mengirimkan kode konfirmasi kepada nomer telepon yang terdaftar. Kemudian kode itu di gunakan untuk masuk. Jadi seakan perisain kedua setelah password apabila mudah di tebak oleh orang lain.

Bahkan ada fitur verifikasi baru di Gmail yang menggunakan sentuhan pada smartphone yang digunakan. Jadi kita hanya meng-klik yes / ya pada smartphone kita untuk mengkonfirmasi apahak ini benar kita yang ingin masuk ke akun email atau bukan.

Fitur ini sebaiknya selalu kita aktifkan agar mencegah hal-hal yang tidak di inginkan terjadi pada email penting kita. Namun, sehebat-hebatnya sistem pasti masih ada celah. Baik itu di manusianya ataupun pada sistem itu sendir. So, kita harus selalu berhati-hati.

Semoga bermanfaat.
Good luck
Share This Article :
avatar

Guud sangat bermanfaat sekali bang, buat mengamankan agar tidak ada lagi yang ngambil gmail kita

Tuesday, 30 January, 2018
avatar

Kalau saya selalu mengkoneksikan antara satu email dengan yang lain, menggunakan no aktif, dan password yang panjang. Kalau cuma angka huruf acak masih bisa dijebol bruteforce, kalau panjang dan membentuk kalimat bakal sulit deh gan di tebak

Tuesday, 30 January, 2018
avatar

Iya bang...
Kabar email lama udh innalilah apa bang??

Friday, 02 February, 2018
avatar

Iya brey...
Yang jangan banget di pake buat pasword itu nama mantan bang :D

Friday, 02 February, 2018
3940678444603187744